GADGET

3 Dampak Negatif Menggunakan Headset Saat Tidur Yang Perlu Anda Ketahui

Penyebab Negatif Menggunakan Headset Saat Tidur

Semua pengguna smartphone pasti pernah menggunakan headphone baik itu untuk mendengarkan musik, radio dan melakukan panggilan. Sebenarnya tidak ada salahnya menggunakan fasilitas yang disediakan, namun harus diingat untuk tidak menggunakannya secara berlebihan karena sesuatu yang berlebihan pasti tidak baik, seperti menggunakan Headset terlalu lama.

Menurut penelitian, jika penggunaan dan penyebab menggunakan Headset dalam jangka panjang akan berdampak pada kerusakan permanen pada telinga, kemungkinan terbesar akan terjadi pada usia 15-25 tahun karena mereka menggunakan headphone pada usia yang relatif lebih muda dibandingkan mereka yang berusia 25 tahun tahun ke atas.

Nah, untuk menghindari hal demikian, ada baiknya Anda mengikuti dan menyimak pembahasan berikut ini mengenai dampak negatif menggunakan headset saat tidur. Yuk simak ulasannya berikut ini!

Dampak Negatif Akibat Menggunakan Headset Saat Tidur

Gangguan Pada Pendengaran

Penyebab yang di timbulkan akibat menggunakan headset saat tidur adalah pendengaran akan ikut terganggu. Tanpa disadari, menggunakan headset dalam waktu yang lama akan menurunkan kualitas pendengaran Anda jika dipadukan dengan volume suara yang tinggi yang jika dibiarkan terus-menerus akan mengakibatkan kerusakan pendengaran yang permanen.

Biasanya saat mendengarkan sesuatu dengan headset saat tidur, pengguna tidak akan menyadari sudah berapa lama menggunakan headset, baik karena terlalu sibuk atau lelah sehingga headset menempel di telinga sepanjang malam dan kemungkinan kerusakan pendengaran.

Gangguan Pada Otak

Dampak Negatif mendengarkan musik sambil tidur berikutnya dapat mengganggu kinerja otak Anda jika terlalu sering dan terlalu lama menggunakan headset. Suara di headphone akan merambat ke otak sehingga pekerjaan serius yang harus diistirahatkan otak terus berlanjut karena harus memproses informasi yang didapat melalui radio atau musik, artinya membuat otak bekerja keras tanpa istirahat meskipun tubuh dalam keadaan istirahat.

BACA JUGA  Spesifikasi Notebook Acer Aspire 3 Dengan Tampilan Yang Elegan

Gangguan Pada Kulit Telinga

Headset ini didesain senyaman mungkin agar pengguna betah saat menggunakannya, salah satunya adanya karet di ujung headset yang berguna untuk melindungi kulit telinga dari kontak langsung dengan headset, namun tidak semua. headphone dilindungi oleh karet, banyak pengguna membeli headphone di tempat yang murah sehingga tidak dilengkapi dengan karet pelindung.

Akibatnya, jika terus menggunakan headset tanpa karet pelindung dapat menyebabkan luka pada kulit telinga, dan jika tidak segera sembuh akan menyebabkan infeksi yang berujung pada infeksi telinga permanen.