SOFTWARE

5 Rekomendasi Emulator Android Paling Ringan Untuk Laptop dan PC

Emulator Android Paling Ringan Untuk Laptop dan PC

Mungkin tidak sedikit dari pencinta game online bermain game di ponsel Android kurang seru. Bayangkan saja Anda akan kalah dalam permainan hanya karena layarnya terlalu kecil dan tidak cukup untuk dua jari. Untungnya, masih ada emulator Android paling ringan yang dapat Anda instal di PC Anda.

Perlu Anda ketahui, bukan hanya gamer yang membutuhkan emulator. Pengembang aplikasi juga biasanya menggunakan emulator untuk menguji aplikasi yang mereka buat. Atau Anda hanya ingin membuka aplikasi di laptop atau PC agar lebih mudah dalam bekerja.

Nah, dalam kesempatan kali ini kami memiliki beberapa rekomendasi aplikasi emulator android untuk laptop dan pc paling ringan yang tentunya tidak banyak memakan ruang penyimpanan pada laptop ataupun PC Anda. Penasaran? Yuk simak ulasannya berikut ini!

5 Daftar Emulator Android Untuk Laptop dan PC Paling Ringan

Android Studio

Android Studio adalah rilis Android Emulator pertama yang direkomendasikan dari website kami ini. Emulator ini dirancang khusus untuk Android. Tapi jelas kami tidak merekomendasikan emulator ini jika Anda masih di level pemula. Alasan mengapa Android Studio sulit untuk pemula antara lain:

  • Setup lebih sulit dan rumit
  • Ada banyak alat untuk membuat aplikasi dan game Android yang kompleks
  • Ada pengaturan bawaan untuk menguji aplikasi sintetis

Oleh karena itu, sangat cocok untuk pengembang. Selain itu, Android Studio mendukung Kotlin yang tentunya sangat membantu sega aktifitas yang Anda kerjakan di Laptop ataupun PC Anda.

GameLoop

Dulu, namanya bukan GameLoop melainkan Tencent Gaming Buddy. Emulator Android ini digambarkan sebagai emulator terbaik untuk memainkan game resmi dari Tencent. Diantaranya adalah PUGB Mobile dan Call of Duty Mobile.

Selain itu, Anda juga dapat memainkan game yang tidak diproduksi oleh Tencent. Namun tentu saja pilihan game ini sangat terbatas. GameLoop juga tidak cocok untuk pengembang karena fitur-fiturnya tidak ada dalam pengujian dan produktivitas.

Namun, GameLoop tetap menjadi pilihan utama jika ingin bermain game FPS. Ditambah dengan shortcut keyboard yang sangat mudah dan simple pastinya akan membuat Anda semakin nyaman untuk bermain.

Nox Player

Gamer pasti tahu salah satu Emulator Android terbaru paling ringan ini. Bagaimana tidak, ini adalah salah satu emulator paling terkenal di dunia. Jika Anda bertanya tentang kelebihannya, jangan ragu lagi. Nox dilengkapi dengan fitur umum berkualitas tinggi seperti pemetaan kunci, pengaturan kontrol gerakan keymap kustom, dan dukungan konsol fisik.

BACA JUGA  Software Prosefional Mixing DJ Gratis Untuk PC dan Laptop

Jadi, Anda bisa bermain game tanpa harus menggunakan pengontrol eksternal. Misalnya, Anda dapat mengatur panah untuk bergerak ke kanan dan seterusnya. Kerennya lagi, emulator ini benar-benar gratis dan pengembangannya terus berlanjut.

BlueStack

Emulator Android Terbaik untuk Laptop dan PC ini termasuk yang paling populer di dunia game komputer. Tidak hanya menenun, Bluestacks memiliki banyak keunggulan. Pertama, emulator ini kompatibel dengan Windows dan macOS. Selain itu, BlueStack juga selalu up to date.

Bahkan, BlueStack juga baru saja merilis versi 4 dengan fitur utama key mapping dan pengaturan default game. Jadi jangan heran jika BlueStack sangat berat. Oh ya, BlueStack juga telah merilis versi MSI App Player. Jadi, terserah Anda untuk memutuskan mana yang ingin Anda pilih. Yang pasti BlueStack dan MSI App Player adalah satu payung.

Genymotion

Selanjutnya ada emulator yang paling sering digunakan developer. Dengan Genymotion, Anda dapat menguji dan mengembangkan aplikasi dari beberapa perangkat tanpa harus memiliki perangkat tersebut.

Bahkan, Anda juga bisa menyesuaikan tipe Android yang cocok dengan kebutuhan waktu tes. Misalnya, Anda dapat menggunakan Android 6 untuk menguji Nexus 6 atau menjalankan Nexus 1 dengan Android 4.2.

Meskipun emulator ini tidak terlalu cocok untuk orang rumahan, jelas bahwa Genymotion gratis! Yang keren adalah Anda dapat menggunakan emulator ini di desktop Anda atau bahkan menggunakan cloud. Oleh karena itu, Genymotion akan tetap berjalan dengan lancar meskipun perangkat yang Anda gunakan tidak memiliki spesifikasi yang bagus.