SOFTWARE

Apa Itu Mikrotik? Berikut Pengertian dan Fungsinya

Pengertian Mikrotik

Kebutuhan akan internet sangat wajar dalam kehidupan masyarakat di era teknologi digital saat ini. Ada banyak pilihan atau cara untuk mengkonfigurasi sistem operasi jaringan pada komputer. Mikrotik merupakan salah satu cara untuk dapat mengembangkan ISP agar dapat digunakan di banyak komputer yang tersedia / lebih dari satu komputer.

Nah, di bawah ini kami akan mengulas apa yang dimaksud mikrotik dan apakah saja fungsi dan kegunaan dari mikrotik  tersebut yang tentunya sangat sayang untuk anda lewatkan. Berikut kami jabarkan untuk anda.

Pengertian Lengkap Mikrotik

Mikrotik merupakan sistem operasi berupa program yang digunakan untuk mengubah komputer menjadi router jaringan. Sistem operasi ini sangat cocok untuk keperluan manajemen jaringan komputer, misalnya untuk membangun sistem jaringan komputer skala kecil dan besar.

Perbedaan Mikrotik dengan sistem operasi lama adalah pada keunggulan fitur wirelessnya. Maka tidak heran jika Mikrotik disebut sebagai salah satu sistem operasi paling ringan dan paling sederhana.

Namun dalam hal ini, masih banyak orang yang masih bingung membedakan antara proxy dan router. Router itu sendiri merupakan perangkat yang menghubungkan dua jaringan. Sedangkan Mikrotik adalah sistem operasi yang tertanam dalam sistem open source, tetapi ini tidak berarti perangkat lunak bebas.

Mikrotik banyak sekali digunakan oleh ISP, penyedia hotspot, dan warung internet atau pribadi untuk game online. Dalam hal ini fasilitas yang ditawarkan oleh MikroTik antara lain manajemen bandwidth, firewall yang tepat, titik akses Plug and Play, remote administrator Winbox GUI dan perutean.

Fungsi Mikrotik

Adapun beberapa fungsi utama dari Mikrotik adalah sebagai berikut:

  • Fungsi Mikrotik yang pertama adalah memblokir situs-situs dengan konten terlarang menggunakan proxy di MikroTik sehingga mendukung program pemerintah berupa pemanfaatan internet secara positif.
  • Mikrotik berfungsi untuk set-up dan konfigurasi LAN menggunakan Mikrotik Router OS, PC dengan hardware minimal.
  • Fungsi Mikrotik selanjutnya adalah adanya pengaturan jaringan internet yang dapat dilakukan secara terpusat, sehingga memudahkan administrator untuk mengelolanya.
  • Dapat digunakan sebagai hotspot penagihan yang memudahkan konfigurasi dan berbagi bandwidth jaringan.
BACA JUGA  Software Format Flashdisk Serta Cara Format Flashdisk Dengan Mudah

Nah, Itulah pengertian dan fungsi utama dari mikrotik yang sudah kami ulas dari berbagai sumber terpercaya. Mudah – mudahan artikel ini menambah pengetahuan yang baik untuk kita semua. Terimakasih