TIPS & TRICK

Cara Ampuh Untuk Mengatasi Laptop Cepat Panas Atau Overheat

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas

Efek yang sering terjadi antara lain laptop lebih sering hang atau overheating, kadang restart sendiri, dan yang paling parah bisa menyebabkan prosesor mati. Karena itu, karena efek yang bisa terjadi bisa sangat fatal bagi laptop Anda.

kecemasan tersebut harus segera Anda atasi. Setelah mengetahui penyebab dan akibat yang dapat ditimbulkan dari laptop overheating, langkah selanjutnya adalah mengetahui cara untuk mengatasi laptop overheating tersebut.

Cara Cepat dan Mudah Mengatasi Laptop Cepat Panas Saat di Gunakan

Nah, di artikel kali ini kami akan membahas seputar cara mengatasi laptop yang cepat panas dan Overheat dengan mudah yang tentunya sangat patut Anda coba apabila Anda mengalami hal demikian. Yuk simak artikelnya di bawah ini.

Pastikan Sirkulasi Udara Pada Laptop Selalu Terbuka

Saat kita menggunakan laptop, usahakan untuk meletakkannya di tempat dengan sirkulasi udara yang baik. Dalam hal ini Anda harus menghindarkan meletakkan laptop di tempat yang elastis misalnya di kasur atau di atas bantal, kebanyakan laptop meletakkan ventilasi untuk mensirkulasikan udara di bagian samping dan bawah laptop itu sendiri.

Jika kita meletakkan laptop di atas kasur atau bantal dapat menyebabkan sirkulasi udara yang kurang baik, karena udara panas terperangkap oleh bantal sehingga menghalangi masuknya udara baru. Seiring berjalannya waktu, akibat sirkulasi udara yang buruk, hal ini menyebabkan laptop menjadi overheat dan akan berdampak pada penurunan kinerja dari laptop itu sendiri.

Gunakan Bantalan Pendingin / Cooling Pad

Cooling pad adalah salah satu alat yang dapat mengurangi panas berlebih pada laptop Anda. Fungsinya untuk meredam atau mengurangi panas pada laptop dengan cara mengalirkan udara segar melalui bagian bawah laptop, sehingga sirkulasi udara menjadi lancar.

BACA JUGA  Cara Praktis Download Lagu Tiktok Tanpa Aplikasi Tambahan

Namun perlu diingat bahwa cooling pad juga bisa berdampak negatif jika kita tidak di gunakan dengan benar. Misalnya membawa debu ke laptop, hal ini terjadi jika cooling pad kotor. Jadi, agar tidak berdampak negatif, usahakan rutin membersihkan cooling pad dari debu yang menempel.

Bersihkan Kipas Atau Heatsink Secara Rutin

Kipas angin yang digunakan terus-menerus, bukan tidak mungkin akan banyak debu yang menumpuk. Hal ini dapat menyebabkan kipas berputar atau melambat. Untuk mengatasinya, buka dan bersihkan kipas dan heatsink laptop Anda sampai benar-benar bersih.

Tetapi perlu di perhatikan apabila Anda tidak ada keahlian dalam membongkar kipas pada laptop Anda, ada baiknya Anda membersihkan kipas laptop dengan orang sudah memiliki keahlian dalam bidang tersebut.

Tambahkan Thermal Pasta

Kinerja prosesor yang berkelanjutan menyebabkan penumpukan hawa panas dalam laptop tersebut dalam jangka waktu yang lama, dapat menyebabkan lapisan pasta termal pada prosesor mengering. Sedangkan thermal paste digunakan sebagai penghantar panas dari chip prosesor.

Dengan cara ini, lebih baik menambahkan pasta termal secara berkala agar panas dapat disalurkan ke prosesor dengan baik.

Nah, itulah trik dan tutorial mengatasi laptop Overheat dan cepat panas yang tentunya bisa Anda coba demi menjaga kinerja laptop Anda tetap baik dan normal. Demikianlah artikel ini semoga memberikan manfaat untuk kita semua. Terimakasih