TIPS & TRICK

Cara Mudah dan Aman Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Harus di Service

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Laptop lemot sepertinya menjadi penyakit universal bagi semua pengguna laptop dan sampai saat ini masalah ini menjadi menjengkelkan karena hampir semua pekerjaan dilakukan melalui laptop terutama untuk pekerjaan kantor dan mahasiswa.

Perlu Anda ketahui bahwa program atau game yang paling sering Anda gunakan, versi baru “sengaja” menjadi lebih berat hal ini bertujuan agar mendorong konsumen mengupgrade laptop mereka ke yang lebih memadai dan mendukung.

Kami telah mengumpulkan beberapa metode terbaik untuk mengatasi laptop lemot, tetapi untuk beberapa trik berisiko, kami tidak menyarankan melakukannya sendiri, kecuali Anda memiliki pemahaman yang baik tentang laptop. Nah berikut ini metode untuk mengatasi laptop lemot dengan cara mudah dan aman. Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Cara Mudah dan Aman Mengatasi Laptop Yang Lemot

Usahakan Upgrade ke SSD

Metode pertama mengenai cara memperbaiki dan mengatasi laptop yang lemot adalah Usahakan Upgrade ke SSD. Ada beberapa jenis SSD, tetapi jika laptop Anda masih menggunakan hard drive, maka SSD yang harus Anda beli adalah SSD SATA biasa yang ukurannya sama dengan hard drive Anda.

Jenis lain dari SSD adalah RAM berbentuk pipih panjang. Nah, laptop yang menggunakan SSD jenis ini biasanya yang rilis tahun 2019 ke atas.

Sebelum beralih ke SSD, copy dulu semua isi harddisk ke SSD dan partisinya, agar nanti saat dipindahkan semua data dan program sama persis. Lakukan klon ini menggunakan Macrium Reflect.

Kurangi Program Startup Pada Laptop

Startup yang dimaksud disini adalah program yang berjalan secara otomatis saat Anda menyalakan laptop. Solusi untuk pengguna Windows 10 dan 11 adalah melalui task manager. Ikuti langkah berikut ini:

  • Tekan Ctrl + Alt + Del
  • Pilih tab Startup
  • Klik kanan pada program yang ingin Anda hentikan
  • Klik opsi Nonaktifkan

Sementara itu, untuk Windows 7 dan pengguna sebelumnya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Klik logo Windows di pojok kiri bawah
  • Ketik “Konfigurasi Sistem”
  • Klik pada program yang muncul
  • Pilih tab Startup
  • Klik Buka Pengelola Tugas
  • Klik kanan pada program yang ingin Anda hentikan
  • Klik Nonaktifkan

Namun, Anda juga harus memahami bahwa sebenarnya ada beberapa program yang meminta izin untuk memulai dan Anda harus mengizinkannya. Beberapa program ini termasuk perangkat lunak antivirus dan firewall.

BACA JUGA  Cara Mudah Mengatasi Bootloop Pada Ponsel Android

Solusi untuk pengguna Mac adalah pergi ke System Preferences > User Groups > Login Items. Kemudian Anda cukup mencentang program yang tidak diinginkan, lalu menghapusnya dengan mengklik tombol minus (-) di bagian bawah.

Hindari Membuka Banyak Program Bersamaat Pada Laptop

Membuka beberapa program secara bersamaan adalah kebiasaan orang-orang sibuk di kota-kota besar. Namun jika Anda sering membukanya, justru saat itulah laptop Anda lemot dan membuat Anda repot.

Jika Anda pengguna Windows, buka saja task manager dengan menekan Ctrl + Alt + Del secara bersamaan > masuk ke tab Processes > klik kanan pada program yang tidak anda butuhkan > klik End task. Sedangkan untuk pengguna Mac, Anda cukup menutup program yang tidak perlu ini dari daftar file.

Penyebab laptop lemot jika terlalu banyak membuka program sekaligus adalah karena RAM yang terlalu penuh, sehingga perlu membersihkan RAM atau menambah RAM laptop Anda.

Periksa Hard Disk

Hard Disk yang sudah sekian lama di gunakan tentunya akan menua, menyebabkan laptop Anda melambat, bahkan sampai tidak terbaca dan tidak dapat digunakan. Bayangkan saja, jika Anda menggunakan laptop setiap hari, itu berarti Hard Disk Anda harus berputar ratusan ribu kali sehari.

Jadi, Anda perlu memeriksa kesehatan Hard Disk. Bagi pengguna Windows 7 ke atas Anda bisa mengkiuti metode berikut ini:

  • Buka Penjelajah Windows.
  • Pilih Komputer.
  • Klik kanan pada drive yang ingin Anda periksa.
  • Pilih Properti > Alat > Periksa Sekarang.
  • Kemudian klik Pindai sektor buruk dan coba pulihkan.

Bagi Anda yang menggunakan Mac, Anda dapat membuka Disk Aplikasi, Utilitas, dan Utilitas. Kemudian di sana Anda dapat memilih opsi hard drive dan mengklik opsi Pertolongan Pertama di sudut atas layar laptop Anda.

Bagi Anda yang masih menggunakan harddisk, sebaiknya ekstra hati-hati. Misalnya, jangan terlalu sering menggoyang laptop, apalagi membiarkan laptop menyala. Jika ini terjadi, maka laptop Anda pasti akan melambat. Namun pada akhirnya solusi terbaik adalah mengupgrade harddisk ke SSD.

Nah, itulah sekilas cara mengatasi laptop lemot yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya. Semoga artikel ini memberikan manfaat yang baik untuk kita semua dan bisa menjadikan referensi untuk membantu memperbaiki leptop Anda yang lemot. Terimakasih