SOFTWARETIPS & TRICK

Cara Mudah Menggunakan Clipboard History Pada Windows 11

Cara Menggunakan Clipboard History Windows 11

Sebagai pengguna komputer yang aktifpasti sudah tidak asing lagi dengan copy-paste bukan? Dalam hal demikian kegiatan ini sering dilakukan oleh banyak pengguna komputer karena diyakini mampu mempercepat dan mempermudah pekerjaan yang mereka lakukan. Anda dapat menyalin dari suatu tempat yang bertujuan untuk di pindahkan ke tempat lainnya.

Perlu Anda ketahui Windows juga punya fitur yang bisa menyalin dan menyimpan file secara massal lho. Mereka menyebut fitur ini sebagai “Clipboard History“. Jadi setiap kali Anda menyalin, item tersebut akan otomatis disimpan ke clipboard. Setelah menyalin item, Anda tidak perlu terburu-buru untuk menempelkannya. Anda dapat menyalin konten lain tanpa harus menghapus apa yang Anda salin sebelumnya.

Nah untuk lebih memahaminya, kali ini kami akan memberikan tips dan cara menggunakan history clipboard di Windows 11. Yuk simak artikelnya di bawah ini:

Tips dan Cara Mudah Menggunakan History Clipboard di Windows 11

Cara Aktifkan Riwayat Clipboard History

Anda harus tahu bahwa fitur Clipboard History merupakan opsional. Jadi Anda perlu mengaktifkan fitur tersebut terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Sebenarnya ada dua cara untuk mengaktifkan riwayat clipboard dengan cara yang begitu mudah, namun kali ini kami akan menunjukkan cara yang paling praktis yaitu mengaktifkan history clipboard melalui Emoji. Berikut langkah-langkahnya:

  • Tekan pintasan “Windows + V” di keyboard.
  • Kemudian klik tombol Jalankan.

Dalam hal ini, karena Clipboard History adalah bagian dari panel Emoji, Anda juga dapat mengakses fitur ini dengan menekan tombol “Windows + ;” jalan pintas. atau “Windows +.”

Cara Cepat Menyinkronkan Clipboard History

Setelah Anda mengaktifkan riwayat clipboard, tentu Anda dapat mengonfigurasi fitur untuk mengunggah dan menyinkronkan konten yang disalin di seluruh perangkat yang ditautkan ke akun Microsoft Anda.

Cara menyinkronkan riwayat clipboard, berikut langkah-langkahnya:

  • Klik kanan” pada tombol Mulai dan pilih “Pengaturan“.
  • Kemudian “klik Menu Sistem“.
  • Selanjutnya, klik “halaman Clipboard” di sebelah kanan.
  • Sekarang klik tombol “Mulai” di bagian Berbagi antar perangkat.
  • Pilih “opsi sinkronisasi” yang akan Anda terapkan ke riwayat clipboard Anda.
  • Menyinkronkan teks secara otomatis “pilih Opsi Salin
  • Riwayat clipboard akan disinkronkan ke cloud dan di seluruh komputer yang ditautkan ke satu akun Microsoft.
BACA JUGA  Cara Mudah Mengatasi Akun Higgs Domino Gagal Login Melalui FB

Nah, setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, item yang disimpan di Clipboard History akan disinkronkan di seluruh perangkat. Dengan cara ini, Anda dapat menempelkan teks/gambar di perangkat lain dengan mudah dan ttanpa perlu khawatir akan kehilangan file tersebut.

Cara Mudah Menggunakan Clipboard History

Faktanya, riwayat clipboard / Clipboard History bekerja mirip dengan aktivitas salin dan tempel normal pada umumnya. Satu-satunya perbedaan terdapat pada Clipboard History hadir dengan antarmuka yang memungkinkan Anda meninjau dan mengelola item salinan. Jika Anda mengaktifkan opsi sinkronisasi, Anda dapat menempelkan teks/gambar ke clipboard di seluruh perangkat Anda.

Fitur Clipboard History di Windows 11 sekita sedang  di akktifkan, Anda dapat menggunakan pintasan “CTRL + C” untuk menyalin item dan pintasan “CTRL + V” untuk menempelkan item atau file. Sementara itu, untuk melihat daftar item yang disalin, Anda dapat menekan pintasan “Windows + V“.

Untuk menyalin dan menempel item menggunakan fitur Clipboard History Windows 11 tersebut berikut kami berikan langkah mudahnya untuk Anda:

  • Buka aplikasi tertentu, misalnya disini kami ingin membuka aplikasi Microsoft Office Word.
  • Sekarang pilih teks/gambar yang ingin Anda salin.
  • Klik kanan” pada teks/gambar dan “pilih opsi Salin atau Potong“.
  • Kemudian tekan pintasan “Windows + V“, dan teks yang disalin akan secara otomatis masuk ke riwayat clipboard Anda.
  • Anda dapat mengklik “tombol Pin” untuk memilih item yang akan sering diakses.
  • Anda juga dapat mengklik “Hapus Semua” untuk menghapus semua riwayat clipboard.
  • Jika Anda ingin menghapus item, “ketuk tiga titik di sebelah item dan ketuk ikon tempat sampah“.

Dalam hal tersebut perlu Anda perhatikan, tidak semua aplikasi mendukung penggunaan Clipboard History. Beberapa aplikasi yang hanya dapat mendukung fitur ini antara lain Microsoft Office, Snipping Tool, dll.

Nah, itulah cara cepat dan mudah Menggunakan Clipboard History Windows 11 yang tentunya sangat sayang untuk Anda lewatkan. Semoga artikel ini memberikan manfaat yang baik untuk kita semua.  Terimakasih