TIPS & TRICK

Tips Menjaga dan Merawat Baterai Smartphone Agar Awet dan Tahan Lama

Tips Merawat Baterai Smartphone

Salah satu prioritas utama konsumen dalam membeli produk smartphone adalah kapasitas dan daya tahan baterai. Semakin tinggi kapasitas dan semakin lama waktu pemakaian akan menarik konsumen untuk membeli produk smartphone tersebut.

Namun, besarnya kapasitas baterai tidak menjamin smartphone yang Anda gunakan nantinya akan bertahan lama. Karena baterai yang sudah sering di charge akan memiliki batas umur yang berbeda. Anda dapat memperpendek atau memperpanjang masa pakai pada baterai itu sendiri, tergantung bagaimana Anda merawat dan menjaganya.

Ada banyak tips yang beredar di internet yang membahas tentang cara merawat baterai smartphone ini. Sebagian besar pengguna merekomendasikan penggunaan daya lebih teratur agar baterai tidak bekerja terlalu keras.

Nah, berikut kami paparkan untuk Anda mengenai cara terbaik untuk merawat baterai smartphone agar bertahan lebih lama. Yuk! simak ulasanya di bawah ini.

Cara Menjaga dan Merawat Baterai Smartphone Agar Tahan Lama

Gunakan Pengisi Daya Yang Sesuai Dengan Smartphone Anda

Pembahasan pertama mengenai cara terbaik merawat baterai hp adalah dengan menggunakan pengisi daya yang sesuai dengan kapasitas baterai smartphone Anda.

Satu kepala pengisi daya dengan beberapa helai kabel sangat praktis untuk dibawa kemana-mana. Anda dapat mengisi daya beberapa perangkat secara bersamaan tanpa membawa banyak kepala pengisi daya.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa satu daya untuk baterai perangkat elektronik harus stabil. Menghubungkan satu kepala pengisi daya ke banyak kabel akan membuat aliran listrik tidak stabil, bisa tiba-tiba kecil atau besar.

Meski harus menggunakan charger dengan kabel besar, pastikan membeli aksesori dari merek yang sudah teruji kualitasnya.

Perhatikan Siklus Pengisian Daya Pada Baterai

Beberapa perangkat menampilkan informasi status baterai dalam opsi atau pengaturan penyetelan. Menunjukkan jumlah siklus pengisian ulang baterai hingga kinerjanya menurun. Apple adalah salah satu vendor yang terbuka untuk informasi tentang siklus pengisian ulang baterai.

BACA JUGA  Cara Cepat dan Mudah Mengganti Password Wifi IndiHome

Di lini iPhone, dibutuhkan 500 siklus pengisian daya, agar kinerja baterai turun hingga 80 persen dari kondisi awalnya. Seiring waktu persentase ini akan berkurang, jadi Anda tidak perlu membuang waktu untuk menyesuaikan siklus pengisian baterai Anda.

Hindari Tekanan Fisik Pada Perangkat Smartphone Anda

Menjatuhkan atau meleparkan perangkat elektronik tidak hanya membuat bagian fisik dari smartphone tesebut menjadi rusah tetapi dalam hal tersebut kinerja baterai juga akan iku terpengaruh.

Pasalnya, hempasan keras dapat membubarkan atau mengikis kandungan kimia yang tersimpan di dalam baterai.

Perhatikan Suhu Smartphone Saat Mengisi Daya

Di pembahasan terakhir mengenai cara menjaga dan merawat baterai smartphone android adalah dengan selalu memperhatikan suhu smartphone sebelum Anda melakukan pengisian daya baterai. Suhu internal sekitar 20°C atau 70°F adalah kondisi terbaik untuk mengisi ulang baterai smartphone Anda.

Di harapkan jangan mengisi ulang baterai pada suhu di bawah 0°C atau di atas 45°C, karena kondisi tersebut dapat merusak fungsi baterai secara permanen. Lebih baik membiarkan ponsel Anda mati karena kehabisan daya daripada harus mengisi daya pada suhu ekstrem.

Nah, itulah beberapa tips terbaik untuk menjaga kesehatan baterai smartphone Anda. Semoga artikel ini memberikan manfaat yang baik untuk kita semua. Terimakasih