TIPS & TRICK

Tips Mudah Menghindari Penipuan Saat Berbelanja Online

Tips Menghindari Penipuan Berbelanja Online

Tips menghindari penipuan saat berbelanja online seperti Shopee, Tokopedia dan Bukalapak. Pasar raksasa seperti ini umumnya sudah memiliki fitur keamanan canggih.

Berkat proses pembakaran uang dari investor, banyak orang sekarang lebih suka berbelanja online daripada offline. Ketika ada diskon pada waktu-waktu tertentu. Harganya yang bisa jauh lebih murah dari harga aslinya membuat masyarakat cenderung lebih memilih belanja online saja.

Meski marketplace seperti Shopee dan Tokopedia aman, nyatanya hingga saat ini masih ada saja orang yang tertipu. Nah, dalam hal ini tentu anda harus memahami berbagai macam hal yang harus di hindari saat ingin berbelanja online agar tidak tertipu. Penasaran? Yuk simak ulasannya berikut ini!

Tips Menghindari Penipuan Saat Berbelanja Online

Lihatlah Gambar Item Yang Ditampilkan

Untuk menghindari penipuan, sebaiknya pilih penjual yang terpercaya saja. Penjual terpercaya biasanya memotret produknya dari jepretan kamera sendiri dan bukan dari foto orang lain.

Foto produk yang ingin Anda beli harus memiliki gambaran yang jelas dan tidak hanya satu jenis. Tapi ada banyak gambar pendukung yang mengambil gambar produk masing-masing dari sisi kiri, kanan, atas dan bawah.

Baca Suruh Deskripsi Dengan Seksama

Selain tampilan gambar produk, membaca deskripsi dengan cermat juga penting sebagai pembeli yang cerdas. Penjual tepercaya biasanya tidak akan menggunakan bahasa yang membingungkan atau menyesatkan.

Tentunya deskripsi yang diberikan juga sangat lengkap, sehingga masyarakat dapat mengetahui kondisi dan spesifikasi produk agar tidak salah beli. Ini harus dihindari jika Anda menemukan stan dengan deskripsi yang sangat mencurigakan. Misalnya menjelaskan spesifikasi yang tidak sesuai dengan tampilan gambar produk.

Baca Ulasan Dari Pembeli Sebelumnya

Penting untuk menghindari penjual yang curang, maka Anda harus memanfaatkan fitur ulasan yang sekarang tersedia di setiap pasar.

Jangan hanya menatap bintang lima, tetapi Anda juga harus melihat komentar satu per satu. Karena perlu Anda ketahui bahwa 5 bintang yang terlihat mungkin tidak mengecualikan kemungkinan berasal dari akun kloning penjual yang sama.

BACA JUGA  Ketahui 4 Kriteria Sebelum Memilih Kartu Kredit Yang Tepat

Oleh karena itu, Anda harus membaca dengan seksama jika ulasan tersebut tampak meyakinkan atau bahkan meragukan. Karena saat ini banyak orang yang jika dicermati memberikan beberapa diantaranya 5 bintang namun review dan fotonya terpisah sama sekali.

Hindari Transaksi Menggunakan Sistem off-market

Cara menghindari penipuan saat berbelanja online terakhir adalah dengan tidak melakukan transaksi diluar sistem yang telah di sediakan. Salah satu metode penipuan yang masih umum hingga saat ini adalah melakukan transaksi di luar sistem pasar.

Penipu biasanya memiliki seribu alasan bagi Anda untuk bertransaksi di luar sistem yang ditentukan pasar. Anda harus sangat waspada dengan alasan apapun selama penjual mengajak Anda bertransaksi via WA, misalnya Anda tidak boleh menurutinya.

Gunakan sistem pembayaran resmi yang sudah tersedia dari pasar yang Anda gunakan. Misalnya, Tokopedia memiliki e-wallet OVO dan Gopay. Bukalapak menggunakan DANA sebagai e-wallet utamanya. Dan Shopee memiliki e-wallet sendiri yang disebut shopeepay.